728x15 Ads

Indonesia Dalam Transisi Menuju Demokrasi

Buku Indonesia dalam Transisi Menuju Demokrasi ini, bercerita tentang pandangan beberapa tokoh mengenai Indonesia dalam persimpangan menuju demokrasi. proses transisi tersebut dikaji lebih mendalam lewat buku ini.

Bagi Indonesia yang telah memasuki tahap transisi menuju demokrasi, masih terdapat kemungkinan untuk mengalami kemunduran atau gelombang balik. Huntington menyebut tujuh factor yang dianggap menjadi penghambat sebuah transisa disamping bisa menjadi pendorong. Factor-faktor negara dalam transisi diantaranya ,: lemahnya nilai-nilai demokratis baik dikalangan elite maupun masyarakat umum; kemunduran ekonomi yang parah dapat menimbulkan konflik dan menjatuhkan legitimasi pemerintah yang berkuasa;

Factor-faktor transisi negara  tersebut bisa kita lihat di Indonesia sekarang ini yang belum bias menuntaskan kasus-kasus KKN dan pemulihan ekonomi; masih terjadinya polarisasi politik; runtuhnya supremasi hukum dan ketertiban umum yang bias memancing turunnya militer. Pada dasarnya yang menyebabkan turunnya kembali militer dan rezim otoriter adalah kegagalan rezim demokratis dalam mendatangkan kesejahteraan bagi rakyat banyak, kemakmuran, pemerataan, keadilan, ketertiban domestic dan keamanan eksternal.

Buku Indonesia dalam transisi menuju demokrasi ini berupaya melihat dinamika wacana demokratisasi di era transisi. Buku ini merupakan hasil dari pergulatan pemikiran dalam mengisi masa transisi menuju demokrasi tepatnya tahun 1999, sebagai sebuah lembaga studi, LSAF memilih berpartisipasi didalam dinamika tersebut. Dari serial diskusi tersebut lahirlah buku yang berada ditangan budiman sekarang. Didalamnya terekam jejak pemikiran-pemikiran dari berbagai disiplin, mulai dari politisi, dosen, LSM, agamawan, sosiolog, mahasiswa dan pers.

Demikian sedikit tentang  buku terbitan LSAF Press  Indonesia Dalam Transisi Menuju Demokrasi, semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

Share