728x15 Ads

Pembaharuan Pemikiran Islam Indonesia

Penerbitan_Buku_Pembaruan_Pemikiran_Islam_IndonesiaPenerbitan Buku Agama ini mengurai tentang Pembaruan Islam Indonesia. Dalam terminologi Islam Indonesia dewasa kini kita akan dihadapkan kepada dua tema besar yakni: konservatisme yang semakin mengental dan kejumudan pemikiran Islam mutakhir. Gerakan konservatisme tidak hanya berada di dataran teoritik, namun telah merangseg masuk ke wilayah-wilayah politis, hal ini setidaknya bisa dilihat dari maraknya aturan-aturan publik, yang kemudain melegitimasi tindakan-tindakan intoleran yang menghalalkan kekerasan.

Di sisi lain, sebagaimana di uraikan oleh M. Dawam Rahardjo, kalangan liberal-progresif miskin pengembangan pemikiran Islam alternatif. Model dualisme keberagaman  seperti ini memang tidak hanya terjadi di Indonesia dan di Agama Islam saja, tetapi juga menggejala di beberapa negara maju seperti Australia, New Zeland, dan beberapa Negara Eropa Lainnya.

Gary D Bouma (Sosiolog Monash University, dan Pimpinan UNESCO untuk hubungan Antar Agama dan Antar Budaya Asia Pasifik) mengatakan: manakala absolutisme dan ekslusivisme beragama merangsek ke ruang publik, temperatur teologi liberal malah menurun dan kehilangan daya artikulasinya.

Kegelisahan itulah yang kemudian ditanggapi secara serius, setidaknya buku ini merepresentasikan bagaimana sebenarnya gerakan liberal-progresif melihat kecenderungan yang keberagamaan di Indonesia. Para pemikir Islam Progresif kembali menegaskan menganai daya artikulasi yang tidak pernah mati dalam melihat dan memberikan alternatif-alternatif pandangan Islam di Indonesia.

Kegelisahan tersebut diterbitkan oleh LSAF melalui buku Pembaruan Pemikiran Islam Indoneisa, buku ini merupakan hasil diskusi dan workshop mengenai pembaruan Islam Indonesia. Kini buku tersebut kehadiran pembaca yang budiman.

0 komentar:

Posting Komentar

Share