728x15 Ads

Refleksi Pembaharuan Pemikiran Islam; 70 Tahun Harun Nasution

Buku_Agama_Refleksi_Pembaharuan_Pemiiran_Islam_Indonesia_Harun_Nasution
Pembaruan Pemikiran Islam Indonesia merupakan isu yang menarik, sekaligus kontropersial. Isu ini mengandung pro dan kontra, dan merupakan dinamika yang hidup dan menyegarkan.

Pembaruan Pemikiran Islam bukan barang yang langsung jadi, pembaruan adalah proses dialektis yang sangat panjang, dari tiap generasi pembaruan senantiasa hadir sebagai wacana alternatif bagi kejumudan pemikiran keislaman yang sedang berkembang.

Dipenghujung tahun 1989, hadir sebuah buku untuk mengenang 70 Tahun Harun Nasution, yang bisa dikatakan bapak Pembaruan Islam Indonesia. Buku ini memuat berbagai tulisan yang menyoroti aspek-aspek penting dalam perkembangan pemikiran Islam.

Buku ini mencoba memberikan prespektif yang lebih luas tentang locus perdebatan sekitar isu-isu pembaruan pemikiran Islam tersebut. Dalam buku ini juga dimuat kesan dan pandangan murid dan orang-orang yang dinilai cukup banyak mengetahui tentang pribadi beliau, seperti: Deliar Noer, Nurcholish Madjid (Cak Nur), Karel A. Steenbrink, Franz Magnis Suseno, T.B. Simatupang, S. T. Alisjahbana, Azyumardi Azra, Komaruddin Hidayat, dan pemikir-pemikir lainnya yang sekarang cukup berpengaruh di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

Share